top of page

Workshop Multimedia Bersama Net TV : Jadi Citizen Journalist itu Mudah!

Kegiatan Workshop Multimedia Bersama Net TV (Foto: Waroto)


Semakin canggihnya teknologi gadget membuat pengguna handphone pintar dengan mudah mengabadikan moment istimewa, baik melalui foto ataupun video. Tak sedikit dari mereka, yang gemar mengunggah video-video tersebut ke sosial media, baik untuk konsumsi publik semata, maupun sebagai sarana mencari penghasilan. Minggu (01/05/2016), bertempat di Chungyu Institute of Tekhnology, 4F-401, Taipei, digelar acara "Workshop Multimedia Bersama Net TV". Workshop yang diikuti puluhan BMI dan pelajar Indonesia di Taiwan itu menghadirkan nara sumber Adrian Zakhary, produser berita Net TV, didampingi Richard Yanato, mantan ketua Majalah Yin-Ni Hao sekaligus salah satu citizen journalist Net TV dari Taiwan yang cukup produktif.


Acara dimulai pukul 10.30, dibuka dengan perkenalan tentang program Net CJ (Net Citizen Journalism). Net CJ sudah berumur 2,5 tahun dengan jumlah citizen journalist berkisar 110. 000 orang, yang tersebar di 75 negara. Berawal dari hobi mengabadikan momen dengan modal gadget pintar atau kamera saku, bisa menjadi sebuah penghasilan, jika video tersebut ditampilkan di Net TV.


"Jadi citizen journalist itu mudah. Syaratnya cuma punya hp atau kamera, ada ide, dan percaya diri," ungkap Adrian.


Adrian kemudian memaparkan teknik-teknik merekam video, hingga bagaimana merencanakan pembuatan sebuah karya multimedia.

Setelah pemaparan materi, Adrian mengajak peserta melihat beberapa contoh karya multimedia dari para citizen journalist Net TV. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlagsung hangat. Antusiasme peserta yang tinggi terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pemateri.

Usai makan siang, rombongan workshop melakukan hunting bersama. Praktik pembuatan video dan peliputan secara langsung dilakukan di Taman 228 dengan suasana asri, dan juga terdapat Museum Nasional Taiwan. Acara ditutup dengan sesi foto bersama. (en)

Kategori
Tautan
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page