top of page

Eulis Komariah, Menang Sebelum Pulang Siap Dirikan Sekolah Taichi di Indonesia

Eulis Komariah, Buruh Migran Indonesia (BMI) yang juga mahasiswa Universitas Terbuka di Taiwan, menambah koleksi medalinya. Eulis meraih 4 medali emas sekaligus dalam kejuaraan Taichi internasional, The 4th World Cup Tai Chi Chuan Internatinal Championship 2016, yang digelar di Stadium Banqiao, New Taipei City, 15-16 Oktober. Ajang tersebut diikuti 11 negara, diantaranya Spanyol, Perancis, Hongkong, Argentina, Taiwan, Indonesia, Belanda dan Amerika.


Eulis Komariah Saat Menerima Medali Emas dalam The 4th World Cup Tai Chi Chuan Internatinal Championship 2016 (Foto: Linda Jingga)


“Perasaan saya hari ini sangat bahagia karena bisa mengharumkan nama baik Indonesia di kancah dunia,” papar BMI yang telah mengumpulkan banyak medali ini. Diantaranya 3 medali emas dan 1 perak pada ajang World Cup tai Chi Chuan Champhionship 2014, Juara III President Cup tahun 2015 dan Juara Harapan II dalam nomor memperagakan 37 jurus pada kejuaraan yang sama.


Eulis yang telah bekerja di Taiwan selama Sembilan tahun ini, Rabu (19/10) telah pulang ke Indonesia. Di Indonesia, ia berencana membuka kursus Tai Chi. Menurut Eulis, Tai Chi banyak manfaatnya untuk kesehatan maupun bela diri. Eulis sendiri telah menguasai teknik pengobatan Qi Gong, pengobatan dengan Tai Chi.


Sementara itu, majikan Eulis, Liu Yushia, mengaku berat hati melepas Eulis. Ia merasa kehilangan salah satu murid terbaiknya. Terkait prestasi Eulis, Liu sangat bahagia, dan mengatakan semua ini tak lepas dari kerajinan Eulis berlatih. Ia berharap di Indonesia Eulis bisa mengajar untuk keluarga dan orang lain.

“Eulis seperti adik saya sendiri. Kalau Eulis pulang, saya kehilangan satu teman bercanda,” katanya.


Kategori
Tautan
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page