top of page

Menjelajah Bukit Bintang Gunung Guanyin (Guan Yin Shan) di Wugu District, New Taipei City


Night scene yang menyambut para pendaki sebelum memulai pendakian (photo: istimewa)

Siapa yang tidak kenal dengan wisata malam Bukit Bintang Bandung atau Bukit Bintang Jogja. Wisata malam dengan pemandangan seperti kerlip jutaan bintang di bawah kaki menjadi favorit kalangan muda untuk menghabiskan waktu liburan atau sekedar nongkrong bersama teman-teman untuk menikmati waktu luang.

Bagi para mahasiswa di Taiwan mungkin ada yang merindukan suasana wisata malam seperti ini. Terutama bagi para penggemar pendaki gunung dan penikmat night scene mungkin akan bahagia jika mendengar berita ini. Wisata malam ini dapat kita temukan di Tough Man Peak (Chinese: 硬漢嶺; Pinyin: Yìnghàn lǐng), puncak gunung Guanyin (Chinese: 觀音山; Pinyin: Guānyīn Shān). Gunung Guanyin mempunyai ketinggian 616 m di atas permukaan air laut dan terletak di Wugu District, New Taipei City, Taiwan.

Pendakian Yinghan Peak Trail dimulai dari sini (photo: istimewa)

Untuk mencapai tempat ini Anda akan menghabiskan waktu sekitar 3 jam. Anda harus menuju MRT Sanmin Senior High School Station (Luzhou Fuxing Road) (Chinese: 捷運三民高中站(蘆洲復興路) yang terletak di jalur oranye dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus O20 (橘20). Bus ini beroperasi dari pukul 05:40 sampai dengan 24:00 waktu Taiwan dan hanya tersedia sejam sekali. Pendakian dimulai dari Yinghan Peak Trail, dan halte bus terdekat dengan Yinghan Peak Trail yaitu halte Lingyun Temple (Chinese: 凌雲寺; Pinyin: Líng yúnsì). Dari halte bis Lingyun Temple, Anda harus berjalan sekitar 20 menit untuk mencapai tangga pertama Yinghan Peak Trail.

Batu Ukiran ini terletak di gajebo Ruòzhě jùlèbù yang berarti klub manusia lemah (photo: istimewa)

Setelah mendaki 500m Anda akan menjumpai sebuah gajebo yang disebut sebagai Ruòzhě jùlèbù (Chinese: 弱者俱樂部; Inggis: Weak Club). Arti dibalik Ruòzhě jùlèbù/ Weak Club ini adalah tempat berkumpulnya orang-orang lemah. Makna sebenarnya dibalik perkataan ini adalah gajebo ini diperuntukkan untuk para pendaki yang ingin beristirahat dan mempertimbangkan ingin melanjutkan perjalanan ini atau tidak. Banyak para pendaki yang menyerah di titik ini, jadi lebih baik penulis sarankan Anda membawa bekal yang cukup, terutama minuman.

Puncak Yinghan (Chinese: 硬漢嶺; Pinyin: Yìnghàn lǐng) masih 950 m lagi. Masih ada ratusan anak tangga yang harus dilalui. Mungkin Anda akan menyerah di tengah perjalanan. Tapi penulis sarankan untuk mengurungkan niat Anda. Ada pertunjukan spektakuler setelah Anda melalui 950 m. Anda tak akan merasakan letih jika Anda melihat night scene seperti ini, seperti langit berbintang yang terletak di bawah kaki Anda. Pemandangan malam ini merupakan pemandangan malam kota Taipei dan New Taipei City.

Night scene dari puncak Yinghan (photo: istimewa)

Night scene dari puncak Yinghan (photo: istimewa)

Night scene dari puncak Yinghan (photo: istimewa)

Night scene dari puncak Yinghan (photo: istimewa)

Testimoni dari penulis untuk para pendaki dan penggemar wisata malam, tempat ini sangat penulis rekomendasikan untuk melepas rindu atau mungkin melepas penat. Jangan khawatir dengan keadaan saat pendakian, Anda akan bertemu beberapa sahabat pendaki yang dari hanya sekedar menikmati night scene hingga melakukan pekerjaannya atau hobinya sebagai fotografer. Hanya saja pastikan anda membawa perlengkapan dan bekal yang cukup. Dan jangan sampai ketinggalan bus pulang!

Amty Ma’rufah Ardhiyah Dalimunthe

Mahasiswa National Taiwan University of Science and Technology

Jurusan Electronic and Computer Engineering

Taipei, 21 Maret 2017

Kategori
Tautan
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page